Sekapur Sirih


Sabtu, 14 November 2009 | 08:13 WIB adalah hari bersejarah bagi Maharani Craft. Sekarang ini, orang memakai alas kaki tidak hanya saat keluar rumah. Saat berada di dalam rumah, orang sudah biasa memakai alas kaki berupa sandal rumah. Biasanya, sandal ini berbentuk tipis, lembut dan ringan.

Namun, bentuk dan warna sandal rumah yang banyak dijual di pasar cenderung tidak bervariasi. Umumnya, sandal itu hanya berwarna putih polos dan tidak ada hiasannya. Nah, seorang wanita ulet lulusan dari SMASA ( SMA 1 Blitar ) bernama Fariska Maharani inilah yang memanfaatkan hal ini buat berbisnis.

Membuat sandal rumah dengan menempelkan berbagai hiasan action figure dan tokoh-tokoh kartun pada sandal. Modal awalnya hanya IDR 800 rb. Ia menggunakan uang itu untuk membeli bahan dasar berupa dakron, kian flanel warna-warni, glue gun, jarum jahit dan berbagai benang sulam di Pasar Proyek Bekasi.

Membuat dan menjual langsung produk yang kami buat dengan ‘nglapak’ di GOR Stadion Bekasi pada hari Sabtu sore dan di Pasfes pada minggu paginya, rutin dilakukan.

Hingga penghujung ramadhan 1431 H, antusias masyarakat terhadap kerajinan flanel Maharani pun semakin beragam. Terbukti, dengan peminat toples lucu flanel yang mencapai puluhan toples pada saat itu.

Kemudian dengan mungucap ‘bismillah’ usai ber-mastermind (MMC7) dengan komunitas TDA di fasilitatori oleh Pak Ato Sunarto, Pemilik Usaha Kuliner Kupat Tahu Bandung Mang Oman yang berlokasi di Rusa Raya No. 47 Kota Jababeka, saya mulai action untuk mengembangkan ide usaha ini, yakni membagi-bagikan ide kreatif handicraft ini kepada orang-orang dalam bentuk pelatihan/ kursus membuat kerajinan flanel. Magnet yang kita gunakan adalah mengajak kepada masyarakat untuk memulai proses kreatif ini. Kami akan memberikan bagaimana memulai usaha rumahan dengan modal kecil dan langsung saat itu juga dimulai.

Sasarannya :

  1. Ibu Rumah Tangga yang ingin menambah penghasilan
  2. Sekolah-sekolah
  3. Privat
  4. Corporate, untuk masa persiapan pensiun karyawan

Harapannya, mudah-mudahan bisa mengikuti jejak-jejak enterprenur TDA yang sudah sukses.

-Deny Rosadi-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s