Kegagalan Pameran


Awas, Ini Kegagalan Fatal Pameran Anda !

Tahukah Anda?
Berdasarkan hasil riset terkini pakar pemasaran :

Mayoritas pebisnis yang mengikuti pameran, hampir 80% di antaranya, jarang dan bahkan hampir tidak pernah melakukan ‘follow-up’ terhadap calon atau prospek klien yang diperoleh dari keikutsertaan mereka di ajang pameran.

Selama ini, mayoritas pebisnis berkutat puas pada perolehan transaksi di lokasi pameran. Padahal, diketahui pula dari hasil riset yang sama, bahwa:

a. 90% pengunjung pameran, menganggap pameran sebagai sumber informasi dan referensi utama keputusan pembelian produk yang bersangkutan;

b. 48% dari seluruh pengunjung pameran, setelah pameran usai, rata-rata hanya butuh diyakinkan melalui ‘follow-up’ sebanyak satu kali, untuk langsung kemudian memutuskan untuk bertransaksi;

c. Bila pebisnis peserta pameran konsisten melakukan follow up berkala, hanya dalam waktu 12 bulan pertama setelah pameran usai, 57% prospek dapat melakukan keputusan pembelian.

Cara yang bisa ditempuh untuk mempermudah follow up :

1. Dapatkan kartu nama, bisa dengan tukar kartu nama atau menyediakan wadah (biasanya seperti aquarium ikan berbentuk bulat) di stand pameran/bazaar kita

2. Sediakan pula buku tamu (yang seperti buku tamu pernikahan)

Anda sudah punya bayangan sekarang? Bahwa mayoritas dari kita sering menyia-nyiakan peluang:). Berarti sekarang-lah waktunya ‘jemput bola’ ! . Jangan lupa doa🙂.

Sumber : Annisa – customerladder

Wassalam.

– Eko June-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s