Bagaimana Cara Meningkatkan Traffic Blog?


Blog maupun website yang memiliki traffic tinggi merupakan impian setiap blogger ataupun pelaku bisnis online. Banyaknya pengunjung yang masuk dan membaca konten yang dipublish melalui blog atau website Anda, akan mempengaruhi pula kesuksesan bisnis online yang Anda jalankan.

Dalam meningkatkan traffic blog yang Anda gunakan sebagai bisnis, ada dua kunci dasar yang dapat dijadikan untuk menarik minat user hingga mencapai angka kunjungan ribuan bahkan ratusan ribu per hari. Dua kunci dasar tersebut antara lain sebagai berikut :

1.Tulis konten yang bagus
Dasar dari sebuah blog yang hebat adalah konten yang bagus. Orang sering salah stategi saat membuat konten, mereka membuat konten sesuai dengan keinginan hati tanpa memperhatikan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan mereka. Sebenarnya inti dari konten yang bagus adalah conten yang dapat mengubah pola pikir seseorang dan mampu meningkatkan traffic blog.

Konten yang sering dijadikan sebagai pilar atau kunci dasar sebuah blog atau website adalah artikel. Untuk memperoleh artikel yang bagus, berikut beberapa hal penting yang sebaiknya diperhatikan :
1. Tulis artikel yang menarik para user untuk bekunjung ke blog maupun website Anda, pilih judul artikel yang sesuai dengan kata kunci atau keyword paling banyak dicari di mesin pencarian.
2. Hubungkan artikel Anda dengan link ke blog lain yang sudah besar, biasanya traffic blog Anda akan ikut naik seiring dengan kenaikan blog lain yang Anda link kan.
3. Lengkapi artikel Anda dengan SEO, agar artikel Anda mudah terdeteksi oleh mesin pencarian. Misalnya saja Google, mesin pencarian yang sering digunakan user.
4. Cantumkan info artikel lain yang masih terkait dengan artikel baru Anda, sehingga artikel terbaik Anda bisa diakses dengan mudah dan dapat menunjukan nilai lebih blog Anda.
5. Update terus konten – konten lama Anda, agar para pembaca juga bisa menemukan artikel Anda yang sudah lama.

Usahakan membuat artikel utama yang tidak terbatasi oleh waktu, jadi selama dua belas bulan informasi artikel Anda masih bisa dimanfaatkan para user. Untuk artikel liputan kegiatan seperti seminar maupun pameran, tetap boleh dipublish tapi bukan sebagai artikel utama.

2. Marketing konten
Setelah Anda memiliki konten yang bagus dan menarik, kunci dasar selanjutnya yang dapat meningkatkan traffic blog yaitu adanya marketing konten. Marketing konten dapat dialakukan dengan adanya komunikasi antara user dengan pengelola blog atau website.

Jika para pengguna internet telah tertarik dengan blog atau website Anda, biasanya mereka akan meninggalkan coment pada conten yang telah Anda publish di blog atau website. Hal ini menjadi potensi besar bagi blog atau website Anda, sebagai daya tarik tersendiri bagi orang – orang tertarik untuk mengunjungi blog Anda. Karena setiap pembaruan coment yang ditinggalkan para pengunjung blog juga akan dilaporkan ke mesin pencarian. Dan akan menambah link untuk masuk ke blog atau website Anda.

Selain itu jadikan coment sebagai media komunikasi antara pemilik blog dengan para pengunjung blog, jadi terdapat interaksi yang berkelanjutan yang mampu mengikat para pengunjung untuk selalu datang mengunjungi blog Anda. Loyalitas pengunjung blog Anda, akan sangat menguntungkan bagi perkembangan blog Anda. Bukan hanya untuk memperoleh keuntungan materi saja, namun keuntungan social bagi blog Anda.

Pemasaran blog juga dapat dilakukan dengan teknik memberikan informasi conten secara gratis kepada para pengunjung maupun blogger besar lainnya. Contohnya saja bisnisukm.com yang memberikan informasi ebook gratis tentang “ kumpulan aneka peluang usaha menarik ” kepada para pengunjungnya yang sudah mendaftar di website tersebut. Dari layanan tersebut, akan banyak sekali blogger maupun pengunjung lainnya yang merekomendasikan blog Anda yang telah memberikan layanan ebook gratis.

Dengan adanya dua kunci dasar “Bagaimana cara meningkatkan traffic blog?” semoga dapat bermanfaat bagi para pemula maupun blogger yang sudah lama menjalankan bisnis online. Salam sukses.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s