Usaha Toko dan Bengkel Motor


Jumlah sepeda motor tumbuh luar biasa, yang tentunya diikuti dengan pertumbuhan kebutuhan onderdil, variasi dan jasa bengkelnya. Usaha ini bersifat jangka panjang. Secara produk tidak ada ruginya, karena tidak membusuk dan masa berlakunya sangat lama.

1. USAHA KELILINGAN/SALES

Keunggulan Produk

Onderdil dan variasi sepeda motor yang kami tawarkan bukan yang harganya mahal dan keuntungannya tipis, tapi produk yang kami pilihkan adalah yang :
– harganya sangat murah
– mutunya sudah teruji di pasaran
– mudah dijual, karena banyak konsumen tidak mampu atau tidak mau membeli onderdil dan variasi yang mahal
– mempunyai keuntungan tinggi rata-rata 40 %, bahkan beberapa item bisa untung lebih dari 100%
– bisa dijual secara tunai

Sistem Kerjasama

Sistem kerjasamanya adalah KEMITRAAN. Mitra kulakan barang pada kami, akan tetapi statusnya tidak beli putus. Mitra masih bisa melakukan penukaran barang, apabila ada barang yang kurang laku, sejauh barang tersebut tidak rusak.

Bimbingan

Kami pun bersedia untuk membimbing mitra secara rinci, setiap saat dan secara berkesinambungan sampai dengan mitra bisa berusaha dengan lancar. Bimbingan tersebut antara lain :
– pengenalan barang
– tata cara menjual
– sistem administrasi barang dan keuangan
– sistem bagi hasil apabila mitra merekrut Salesman
– hal-hal lain yang diperlukan

Modal

Tidak perlu modal besar untuk memulai usaha Kelilingan/Sales Onderdil & Variasi yaitu hanya Rp 2 juta, tapi potensi keuntungannnya sangat besar bisa mencapai Rp 1 juta per bulan. Modal tersebut dipakai untuk kulakan barang dan membeli perangkat untuk keperluan 1 Salesman yang pakai sepeda motor.

Apabila stok sudah menipis, maka mitra kulakan lagi pada kami lewat SMS, email atau fax, sedangkan pembayarannya bisa lewat transfer.

Cara Pemasaran

Cara memasarkannya adalah barang dijajakan ke bengkel2/toko2 utamanya yang terletak bukan di jalan-jalan protokol, tapi sebaiknya yang berada di pinggir-pinggir kota. Bisa mitra sendiri yang menjajakan atau mitra merekrut Salesman dengan sistem bagi hasil.

Setiap mitra akan diberi satu wilayah pemasaran sesuai kesepakatan. Hal ini untuk menghindari perebutan pasar antar mitra. Dalam satu kota/kabupaten bisa digarap oleh 3 Salesman yang pakai sepeda motor. Sedangkan apabila Salesman pakai mobil, maka pemasarannya bisa sampai ke luar kota.

Potensi Keuntungan

Berdasarkan pengalaman kami, perhitungan potensi hasil penjualan dan keuntungannnya adalah :

1. Salesman pakai motor :
– Rata-rata penjualan = Rp 200.000/hari
– Keuntungan kotor 40 % = Rp 80.000/hari
– Biaya operasional Salesman = Rp 10.000/hari
– Keuntungan bersih = Rp 70.000 x 25 hari = Rp 1.750.000/bulan
Kalau mitra menggunakan Salesman, maka 40% keuntungan bersih untuk Salesman dan 60% keuntungannya untuk mitra (catatan : sepeda motor milik Salesman)

2. Salesman Pakai Mobil :
– Rata-rata penjualan = Rp 450.000/hari
– Keuntungan kotor 40% = Rp 180.000/hari
– Biaya operasional Salesman = Rp 25.000/hari
– Keuntungan bersih = Rp 155.000 x 25 hari = Rp 3.875.000/bulan
(hasilnya lebih besar karena jumlah barang yang dibawa lebih banyak).
Kalau mitra menggunakan Salesman, maka 30% keuntungan bersihnya untuk Salesman dan 70% nya untuk mitra. (Catatan : mobil milik mitra). Nilai barang yang dibawa dalam 1 mobil bisa mencapai Rp 5.000.000,-.

2. TOKO ONDERDIL, VARIASI & BENGKEL

Modal

Modal yang dibutuhkan untuk membuka Toko & Bengkel sekitar Rp 15 juta (di luar tempat). Rp 5 juta digunakan untuk membeli sarana bengkel (etalase, rak, kompresor, peralatan mekanik, dll.). Rp 10 juta digunakan untuk kulakan onderdil dan variasi.

Supply Barang

Onderdil dan variasi akan kami suplai yang meliputi barang2 Starparts, AHM, Aspira, Indoparts, oli, ban, busi, dll. (dengan harga grosir). Sistem pembeliannya tunai tetapi tidak beli putus, karena barang2 yang kurang laku dapat ditukar, asalkan barang tersebut tidak rusak.

Bimbingan

Kami bersedia membimbing mitra antara lain dalam hal :
– pengelolaan barang dan keuangan
– penataan toko beserta cara-cara promosi yang efektif agar toko mitra cepat maju
– membantu mencarikan mekanik bersertifikat
– melaksanakan training SDM
– dan hal-hal lain yang diperlukan

Potensi Keuntungan
Investasi :
– Sarana = Rp 5.000.000
– Kulakan onderdil dan variasi = Rp 10.000.000

Biaya per bulan
– Sewa tempat = Rp 5.000.000/th = Rp 417.000/bln
– Biaya Listrik, Telp, air, dll. = Rp 200.000/bln
– Gaji 1 orang mekanik = Rp 400.000/bln
Total Biaya per bulan = Rp 1.017.000/bln

Pendapatan per bulan :
– Penjualan onderdil dan variasi = Rp 7.500.000/bln
– Pendapatan jasa bengkel = Rp 1.500.000/bln
– Keuntungan dari onderdil (40%) = Rp 3.000.000/bln
– Keuntungan dari jasa bengkel (50%) = Rp 750.000/bln
Keuntungan bersih = Rp 3.750.000 – Rp Rp 1.017.000 = Rp 2.733.000/bln
Apabila semakin ramai, maka jumlah mekanik bisa ditambah, sehingga pendapatan pun akan semakin meningkat.

3. USAHA GABUNGAN

Apabila mitra sudah menjalankan usaha Kelilingan/Sales, sebaiknya juga merencanakan untuk membuka Toko & Bengkel, karena sayang apabila stok yang dipunyai hanya ditempatkan di rumah, lebih baik sekalian dipajang di toko dan dilengkapi dengan bengkel.

Sebaliknya bagi mitra yang menjalankan usaha Toko & Bengkel, sebaiknya juga diikuti dengan usaha Kelilingan/Sales onderdil dan variasi, karena hal ini jelas akan meningkatkan pendapatan.

3 thoughts on “Usaha Toko dan Bengkel Motor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s