Al-Amin, Buah dari kejujuran


Usai menyimak khutbah Jum’at siang ini, saya langsung tergerak untuk menulis lagi. Menulis… ya menulis ternyata tidak semudah yang bisa kita bayangkan lho. Menulislah dengan cara anda masing-masing, tulis apa yang ada di isi kepala kita. Gak usah mikirin tata bahasa, tanda baca apalagi berusaha ngikut-ngikut gaya jurnalis. Resep saya tulis sebanyak-banyaknya jangan mikirin editing nanti tahu-tahu juga sudah dapat satu-dua paragraf. Toh Raditya Dika bisa menjadi penulis hebat dengan ‘gaya’ nya, terbukti beberapa buku nya laris manis dan sudah dicetak berulang-berulang. Kalau kata Pak Dodi Mawardi, menulis sambil ngedit tulisan, hukumnya haram! ada-ada aja. :)

 

Tetapi bukan itu yang ingin saya coba share dalam postingan kali ini, sesuai judul Al-Amin adalah gelar  terpandang yang diberikan kepada Rasululloh shalallohu ‘alaihi wassalam sebab kejujurannya baik dalam laku maupun perniagaan/ berdagang.

 

Kejujuran menjadi amat mahal akhir-akhir ini. Sebut saja kasus contek massal  di SD N 2 Gadel Surabaya yang sempat menjadi perbincangan dan keprihatinan nasional beberapa waktu lalu. Orang Tua Murid, Ibu Siami atau Si pelapor mendapat tekanan dari masyarakat atas laporannya kepada Polsek setempat, Si pelapor mendapat balasan atas kejujurannya seperti pemukulan, diacuhkan hingga pengusiran dari tempat tinggal dan nyaris dihakimi masyarakat. Si pelapor akhirnya diamankan di Polsek Tandes Surabaya.

 

Kurang lebih seperti itu yang saya simak. lantas apa yang bisa kita tarik sebagai kesimpulan? Ya anda benar!! Kejujuran telah menjadi hal aneh? Barang langka… Entah apa yang tengah terjadi di republik ini? Saya sendiri pun kaget ketika khatib Jum’at tersebut membuka tabir ini pada wasiat Jum’atnya.

 

Bagaimana dengan kejujuran itu sendiri dalam berdagang atau berwirausaha? dan seberapa penting? KEJUJURAN menciptakan pelanggan dengan kepuasan yang lengkap dan total. KEJUJURAN memastikan bahwa setiap layanan yang kita berikan, tidak peduli seberapa besar atau kecil, dapat memberika delighted experience kepada pelanggan.  KEJUJURAN juga dapat dijadikan sebagai salah satu tools pemasaran  yang paling dapat diandalkan. KEJUJURAN telah bercabang ke banyak sektor diversifikasi dengan komitmen untuk menyedikan layanan perdagangan tanpa cela kepada semua pelanggan. KEJUJURAN terus tumbuh dalam pasar saat ini dan selanjutnya.

 

Saya mendapat jadwal imsakiyah dari PKPU dan tidak terasa ramadhan akan tiba dalam waktu 2-3 hari lagi. Bulan yang penuh keberkahan, bulan penuh ampuna dan bulan penuh rahmat. Bulan Ramadhan pun tahun ini akan saya jadikan sebagai bulan melatih kejujuran, akan pada saat shaum ramadhan pahala yang diberikan ‘unlimited’ dari Allah, melatih kejujuran disebabkan yang tahu kita berpuasa atau tidak hanya Allah, orang lain tidak tahu. Dan yakinlah Allah Maha Tahu atas segala tindak tanduk apa yang telah kita lakukan. Mawas diri sebab selalu ada dua orang malaikat yang akan mencatat amal shalih dan dosa kita.

 

Selamat Menunaikan Ibadah Shaum Ramadhan 1432 H.

NB : Mau Toples kue Lucu buat berlebaran nanti? Silahkan klik disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s