Saat sepi, saatnya menyusun strategi


Image

Apa yang harus dikerjakan saat bisnis sedang sepi order?

Kondisi sepi adalah hal biasa, apalagi yg bisnisnya musiman atau seasoning, seperti gamis, seragam sekolah, dll. Baju muslim begitu laris saat bulan Ramadhan. Seragam sekolah begitu laris saat pergantian kalender sekolah. Dan bisnis jasa kurir bisa dibilang panen saat ramadhan. Hampir semua mengganggap Bulan Ramadhan adalah madu.

Lantas bagaimana menyiasati bulan-bulan lain, saat bisnis sedang sepi order ?

Stephen R Covey dalam bukunya buku “Seven Habits of Highly Effective People”mengajarkan kepada kita tentang pentingnya mengasah gergaji. Saat sepi order saat yg tepat untuk mengasah gergaji kita.

Ini beberapa yg perlu kami asah dan stratgei kami jelang serbuan order Ramadhan tahun 2013 ini, sbb :

1. Karyawan. Ini PR kami setiap tahun, percepatan jumlah order yg meningkat signifikan diimbangi pula dengan percepatan jumlah karyawan. Menjaga loyalitas mereka sampai dengan order tuntas, bisa disiasati salah satunya dengan memberikan kelonggaran waktu, lebih fleksible, dan memberikan kompensasi overtime.

2. Pengiriman. Tahun ini kita mulai memangkas order dalam jumlah kecil, dengan memprioritaskan pengiriman ke agen dan reseller. Ide memangkas order ini, menghilangkan suspense waktu untuk packing dan pengiriman barang dalam jumlah kecil dengan qty yg banyak.

3. Pemasaran. Banyak pemain online mengharuskan kita lebih kreatif dan ‘berbeda’. Jaga kepercayaan pelanggan dengan baik, mintalah dan kemas dengan baik testimoni dari pelanggan.

4. Bahan baku. Memperkuat material dan bahan dari sekarang, hal biasa fluktuasi harga dan kelangkaan barang. Menyadari kami adalah pemain ‘kecil’ dan was-was dengan dominasi pemodal besar yg bermain pada saat Ramdahan tahun ini.

78 hari lagi ramadhan segera tiba. Perbaharui strategi, agar tidak mengulang kesalahan Ramadhan tahun lalu, pertahankan sistem yg sudah baik dan amat membantu kita, perkuat strategi pemasaran, berikan pelayanan yg lebih baik, persiapkan SDM, kontrol cashflow pribadi dan usaha.

Ketika kita telah mengerti mana kekuatan dan kelemahan, dengan mudah kita menginventarisir mana yg prioritas dan kenali apa yang mesti dilakukan segera untuk memperbaikinya.

Bagaimana dengan strategi Anda ?

Wassalam,
Deny
Yuk ngobrol dengan Maharani Craft di Twitter : @maharanicraft

One thought on “Saat sepi, saatnya menyusun strategi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s