Ini Ceritaku… Mana Ceritamu….


REMETAssalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh
To the point… Mimpi saya kedepan dengan konsep GROW, mirip-mirip Proposal Sukses Mulia-nya Jamil Azzaini, sengaja saya tulis dimilist biar rame dan juga harapan saya untuk memicu rekan-rekan lain agar membuat konsep bisnis yg tadinya kecil bisa menjadi besar dan terukur/ scientific. Yang dalam pemahaman yg sederhana terukur itu maksudnya “itu semua sangat mungkin dan pasti bisa tercapai”. Konsep GROW itu saya bilang powerfull sekali dalam praktiknya di usaha craft saya, dengan kerendahan hati saya share GROW saya sbb:

– GOAL –
#R3M3T kepanjangan dari Raih 3 Milliar dalam 3 tahun kedepan.

Caranya: Menjual produk skala besar dengan target pangsa pasar ekspor. Contoh: produk car set mobil dari kain flanel (sandaran kepala, cover tisue berbentuk mobil, cover seatbelt dan gantungan kaca dengan berbagai motif klub sepakbola dari flanel) yg akan saya display pada marketplace sepertietsy.com.

Kenapa etsy.com karena web ini concern soal menghimpun crafter di seluruh seantero dunia. Dan harga jualnya produknya pun dihargai tinggi disana. Goal saya: sekali lagi saya ulangi adalah menjual 1000 Car Set/ perbulan. Semisal saya jual dengan harga $20/ set. Profit bersih setelah dikurangi biaya produksi, gaji karyawan, overhead 10%, adalah  $9 / set atau 90 juta perbulan (3,2 Milyar dalam 3 tahun kedepan). Mules-mules deh.

– REALITY CHECK –
Fokus saya selama ini terbagi-bagi dan sebagian besar untuk mengurusi Pelatihan di Jabotabek dan Ibu-ibu Dharma Wanita. Kedepan 3-6 bulan kedepan saya akan fokus kepada produksi/ home industri.

Dengan target produksi 50 kodi sebulan (1.000 pcs) dan SDM saya saat ini tersisa cuma < 10 orang. Belum ideal,  idealnya harus dikerjakan min. 20 orang. Target per orang menghasilkan 50 set setiap bulan. Atau 1-2 Car set perhari per orang. Saya akan mencari dan membentuk komunitas perajin flanel dan berencana akan menyewa rumah kontrakan untuk dibentuk group baru sebanyak 10 orang, dan mengangkat 1 orang kapten untuk menjadi leader.

Saya Belum punya badan usaha. Saya harus segera punya badan usaha.

Saya belum punya rekening Paypal untuk transaksi jual beli di marketplace. Saya harus segera apply pembuatan Kartu Kredit sebagai syarat pemenuhan memiliki rekening paypal.

Saya butuh supply chain, sistem SDM dan alur pencatatan yg baik dan baku dan SOP training agar setiap proses poskerja nantinya bisa dikerjakan oleh siapapun.

Saya butuh Investor untuk menaikkan kapasitas, ini nanti aja sambil jalan, yang penting perform aja dulu.

– OPTIONS –
Memilih marketplace yg tepat, kemudian langsung melakukan penjualan secara direct marketing (online). Di paralel dengan membuat toko online yg lebih friendly untuk pelanggan. Fokus mengejar keyword “Car Set Flanel” dengan SEO, Adwords, dll yg saya harus banyak belajar dari Pak Rawi dan Pak Mofied, KORNETnya diaktifin lagi dong Pak Mofied.

Menentukan pareto (faktor dominan) dari reality check diatas dan secara terurut segera direalisasikan.

– WAY OUT –
Segera Action. Pikir dan hitung-hitungan belakangan. kalau ini wajib kudu mesti pakai rumus APHnya Pak Ato.

Ini ceritaku, mana ceritamu…

Salam #R3M3T !!

Wassalam,
Deny Rosadi

Tri 08999295877
Telkomsel 081228286633
Indosat 08569818641
BB  Pin:2A2955E1

www.kursusbikinflanel.wordpress.com
www.facebook.com/maharani.craft

One thought on “Ini Ceritaku… Mana Ceritamu….

  1. Saya ingin sekali sukses seperti Ibu..😦
    Saya sudah mulai menjual kreasi flanel saya di toko terdekat..tapi baru pernik2 buat anak kecil sih…seperti jepit rambut,gantungan kunci,tali HP, dan bros.
    Ini ,baru sekitar 3 minggu belum keliatan hasilnya sih…baru laku beberapa piece…hehe. Saya mau belajar membuat kotak tisu dan toples.
    Semoga bisa mengikuti jejak Ibu dan sukses di kerajinan ini ^_^
    Sukses selalu ya Bu…salam kenal dari saya, dan silahkan mapir ke tempat saya
    http://graciasstory.blogspot.com
    Terimakasihhhhhh… ^_^

Leave a Reply

